Minggu, 10 November 2013

Tugas Bahasa Indonesia (proposal bazar)

andri pebrian (1011806)

MENGEMBANGKAN KREATIFITAS KEWIRAUSAHAAN
 DILINGKUNGAN KAMPUS


I.      PENDAHULUAN
Puji Syukur kita panjatkan Kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala, yang telah memberikan Rahmat dan HidayahNya sehingga kita semua masih dapat menikmati dunia yang penuh dengan keindahan dan ilmu pengetahuan. Shalawat serta salam juga tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW, yang memberikan kesempatan untuk kita mempelajari ilmu pengetahuan dan mengikuti perkembangan zaman, semoga kita mendapatkan syafaat dari beliau dihari perhitungan nanti, Aamiin.
II.    TUJUAN KEGIATAN
Adapun tujuan diadakan bazar yakni sebagai berikut :
1.       Memberikan bekal kepada mahasiswa dalam memperoleh usaha didunia bisnis.
2.       Mensosialisasikan para mahasiswa untuk tidak malu bekerja dalam dunia bisnis dan dagang.
3.       Menjadikan mahasiswa tangguh dan cermat untuk berinteraksi dengan oranglain.
4.       Menghasilkan mahasiswa/i yang kreatif dan inovatif.
5.       Memberikan motivasi kepada mahasiswa/i agar mampu membuka usaha sendiri atau membuka lapangan kerja.
6.       Memberikan kemampuan untuk bekerjasama dengan perusahaan.
7.       Memberikan pengalaman berwirausaha untuk mahasiswa/i.
8.       Memberikan hiburan kepada mahasiswa

III.  NAMA KEGIATAN
Kegiatan tersebut dinamakan BAZAR “Jajanan Tradisional, photography and music ”.

IV. TEMA KEGIATAN
Melalui bazar kita tingkatkan jiwa kewirausahaan mahasiswa/i  yang kreatif dan inovatif agar mampu menghadapi persaingan dunia kerja di era globalisasi.
V.   BENTUK KEGIATAN
Bentuk kegiatan adalah peserta Bazar akan membuka stand di Gedung D selama 3 hari dan melakukan transaksi atau proses penjualan barang kepada mahasiswa/I dan akan diisi dengan acara pertunjukkan tari tradisional, pameran foto dan band



VI.    WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Tanggal                 :  8 s.d 10 November 2013
Pukul                     :  08.00 WIB s.d selesai
Tempat                 :  Kampus Univ.Gunadarma

VII.    SUSUNAN ACARA
Agenda acara Bazar, Pameran 2013 tersusun dalam tabel berikut:
B. 1 Hari Pertama
Hari/Tanggal : Jumat, 8 November 2013
Dimulai jam 08.00 – 15.55 WIB
No
Waktu
Kegiatan
Pukul
Durasi
1
08.00 – 08.05
5 Menit
Pembukaan ( Doa )
2
08.05-08.25
20 Menit
Sambutan Ketua Bazar
3
08.25-08.45
20 Menit
Sambutan Tim Pelaksana
4
09.05-09.25
20 Menit
Sambutan dekan kampus
5
09.45-10.05
20 Menit
Sambutan Ketua HIMSI
6
10.05-10.35
30 Menit
Pembukaan semua aktivitas kegiatan Bazar, Pameran foto dan acara musik
9
10.35-13.05
2 jam
kegiatan bazar – terdiri dari jajanan khas tradisional
10
Dilaksanakan bersamaan dengan acara yang lain

Tari tradisional dan pameran foto
13
13.05-13.25
20 Menit
Istirahat
18
13.25-15.55
2 jam
Selingan bazar dengan permainan musik dari sejumlah band

B. 2 Hari Kedua
Hari/Tanggal : Sabtu, 9 November 2013
Dimulai 08.00 – 1 WIB
No
Waktu
Kegiatan
Pukul
Durasi
1
08.00-08.05
5 Menit
Doa Pembukaan
2
08.05-08.15
10 Menit
Sambutan Ketua Bazar, Pameran.
3
08.15-08.35
20 Menit
Pembukaan semua aktivitas kegiatan Bazar, Pameran foto dan musik
9
08.35-12.05
4 jam
kegiatan bazar – jajanan khas tradisional
10
dilaksanakan dengan kegiatan lain
pameran foto
11
13.05-13.25
20 Menit
istirahat
12
13.25-16.05
3 jam
Pertunjukkan musik











B. 3 Hari Ketiga
Hari/Tanggal : Sabtu, 10 November 2013
Dimulai 08.00 – 1 WIB

No
Waktu
Kegiatan
Pukul
Durasi
1
08.00-08.05
5 Menit
Doa Pembukaan
2
08.05-08.15
10 Menit
Sambutan Ketua Bazar, Pameran.
3
08.15-08.35
20 Menit
Pembukaan semua aktivitas kegiatan Bazar, Pameran foto dan musik
9
08.35-12.05
4 jam
kegiatan bazar
10
dilaksanakan dengan kegiatan lain

pameran foto dan photostudio
11
13.05-13.25
20 Menit
istirahat
12
13.25-15.25
2 jam
Pertunjukkan musik
13
15.25-15.35
15 menit
Selingan Tarian tradisional
14
15.35-14.00
30 menit
Penutup






VIII.  RENCANA ANGGARAN
1.      Pemasukan
       a.       Dana dari Kampus                        : Rp  6.000.000,-
       b.      Sponsor                                         : Rp  6.000.000,-
       c.      Sumbangan dari mahasiswa          : Rp  1.000.000,- +
                    Jumlah Pemasukan                        : Rp 13.000.000,-

            2.      Rencana Pengeluaran
                  a.       Sewa tenda                                    : Rp  2.000.000,-
                  b.      Sewa lighting                                : Rp  1.500.000,-
                  c.       Banner Bazar                                : Rp  1.500.000,-
                  d.      Kesekertariatan                             : Rp     500.000,-
                  e.       Dekorasi                                       : Rp   2.500.000,-
                  f.       Konsumsi                                      : Rp   1.750.000,-
                  g.      Transport humas                           : Rp   1.500.000,-
                   h.      Dokumentasi                                : Rp   1.000.000,-  +
                     Jumlah Pengeluaran                    : Rp  12.250.000,-
                     Kekurangan Anggaran                :          -
                     Pemasukan                                      Rp  13.000.000,-
                     Pengeluaran                                    Rp  12.250.000,- -
                                                      Jumlah :         Rp      750.000,-







IX.      PENUTUP
Demikian proposal ini kami sampaikan, besar harapan kami dapat dijadikan pertimbangan bagi semua pihak yang kemudian berminat untuk ikut berpartispasi di dalam kegiatan yang positif ini. Tak lupa semoga Allah meridhoi dan memudahkan jalannya kegiatan ini serta menjadikannya sebagai nilai ibadah, atas segala partispasi dan bantuannya kami ucapkan terima kasih.
Semoga dalam pelaksanaan bazar ini memberi manfaat bagi mahasiswa/i dan menumbuhkan sikap kreatif, inovatif dan mampu membaca peluang dalam dunia wirausaha.
Depok,  04 november 2013


Hormat kami
Ketua Bazar                                                                                                     Wakil Rektor



(                               )                                                                                        (                            )

                   Mengetahui,
                                                        Rektor Gunadarma



                (                              )

Jumat, 18 Oktober 2013

tugas bahasa indonesia (kalimat efektif)

Nama : Andri Pebrian
NPM : 10111806
Kelas : 3KA08

KALIMAT EFEKTIF

·         Pengertian Kalimat Efektif
Kalimat efektif adalah kalimat yang mengungkapkan pikiran atau gagasan yang disampaikan sehingga dapat dipahami dan dimengerti oleh orang lain.

·         Kalimat efektif syarat-syarat sebagai berikut :
1.      secara tepat mewakili pikiran pembicara atau penulisnya.
2.      mengemukakan pemahaman yang sama tepatnya antara pikiran pendengar atau pembaca dengan yang dipikirkan pembaca atau penulisnya.

·         Ciri-ciri kalimat efektif :

1.      Kesepadanan
Suatu kalimat efektif harus memenuhi unsur gramatikal yaitu subjek, predikat, objek dan keterangan. Di dalam kalimat efektif harus memiliki keseimbangan dalam pemakaian struktur bahasa.
Contoh:
Amara pergi ke sekolah, kemudian Amara pergi ke rumah temannya untuk belajar. (tidak efektif)
Amara pergi ke sekolah, kemudian kerumah temannya untuk belajar. (efektif)
2.      Kecermatan dalam Pemilihan dan Penggunaan Kata

Dalam membuat kalimat efektif jangan sampai menjadi kalimat yang ambigu (menimbulkan tafsiran ganda)
Contoh:
Mahasiswi perguruan tinggi yang terkenal itu mendapatkan hadiah (tidak efektif)
Mahasiswi yang kuliah di perguruan tinggi yang terkenal itu mendapatkan hadiah. (efektif)

3.      Kehematan
Kehematan dalam kalimat efektif maksudnya adalah hemat dalam mempergunakan kata, frasa atau bentuk lain yang di anggap tidak perlu, tetapi tidak menyalahi kaidah tata bahasa.
Contoh:
Karena ia tidak diajak, dia tidak ikut belajar bersama belajar di rumahku. (tidak efektif)
Karena tidak diajak, dia tidak ikut belajar bersama di rumahku. (efektif)

4.      Kelogisan
Bahwa ide kalimat itu dapat dengan mudah dipahami dan penulisannya sesuai dengan ejaan yang berlaku.
Contoh:
Untuk mempersingkat waktu, kami teruskan acara ini. (tidak efektif)
Untuk menghemat waktu, kami teruskan acara ini. (efektif)

5.      Kesatuan atau Kepaduan
Maksudnya adalah kepaduan pernyataan dalam kalimat itu, sehingga informasi yang disampaikannya tidak terpecah-pecah.
Contoh:
Kita harus dapat mengembalikan kepada kepribadian kita orang-orang kota yang telah terlanjur meninggalkan rasa kemanusiaan itu. (tidak efektif)
Kita harus mengembalikan kepribadian orang-orang kota yang sudah meninggalkan rasa kemanusiaan. (efektif)

6.      Keparalelan atau Kesejajaran
Adalah kesamaan bentuk kata atau imbuhan yang digunakan dalam kalimat itu.
Contoh:
Kakak menolong anak itu dengan dipapahnya ke pinggir jalan. (tidak efektif)
Kakak menolong anak itu dengan memapahnya ke pinggir jalan. (efektif)
Harga sembako dibekukan atau kenaikan secara luwes. (tidak efektif)
Harga sembako dibekukan atau dinaikkan secara luwes. (efektif)

sumber :
http://dim24.wordpress.com/2010/11/07/pengertian-dan-syarat-kalimat-efektif/
http://dayintapinasthika.wordpress.com/2013/01/02/contoh-kalimat-efektif-dan-kalimat-tidak-efektif/

Jumat, 27 September 2013

Perbedaan dan contoh grafik komputer dan pengolahan citra

Perbedaan dan contoh grafik komputer dan pengolahan citra

grafik komputer

Grafika komputer (bahasa Inggris: computer graphics) adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.
Grafik computer pertama kali ditemukan tahun 1960 aleh William Fetter yaitu pembuatan desain model cockpit (boeing) dan referensi model tubuh manusia 3D.
Dan hingga sekarang jaman yang sudah semakin canggih,jd pembuatan model tubuh manusia sudah bisa menggunakan bantuan computer, software yg banyak pilihanya.
Bagian dari grafika komputer meliputi:
  •     Geometri: mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
  •     Animasi: mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
  •     Rendering: mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
  •     Citra (Imaging): mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
contoh pengaplikasian grafik komputer dalam keseharian :

Dunia Kedokteran

Dalam Dunia kedokteran, penggunaan aplikasi grafik komputer sudah menjadi suatu kewajiban. Karena selain mempermudah mendiagnosa penyakit juga untuk meminimalisir angka kematian disebabkan kurangnya tekhnologi komputer.
Sebagai contohnya penggunaan X-ray computed tomography atau bisa disebut Computer Tomography (CT Scan) sebuah metode penggambaran medis menggunakan tomografi di mana pemrosesan geometri digunakan untuk menghasilkan sebuah gambar tiga dimensi bagian dalam sebuah objek dari satu seri besar gambar sinar-X dua dimensi diambil dalam satu putaran "axis".


Perancangan Objek

Contoh penggunaan aplikasi komputer dalam ruang lingkup ini sangat banyak sekali. Berkembangnya tekhnologi komputer berdampak pada lahirnya perangkat keras komputer yang semakin hari semakin canggih. Sehingga kita dapat dengan mudah mencari aplikasi untuk membuat objek 3D yang open source dan tentu juga harus di dukung perangkat komputer yang mumpuni.
Contoh aplikasi tersebut yaitu 3D MAX, Blender, AutoCad DLL. Selain untuk membuat objek, aplikasi tersebut dapat digunakan untuk para arsitektur maupun progammer game.


Pembuatan Film Kartun

Siapa yang tidak kenal dengan film kartun, film yang bertemakan anak2 – remaja yang bisa menjadi tontonan keluarga. Di ruang lingkup ini peran aplikasi sangat mempengaruhi kualitas film tersebut, semakin mahal biaya pembuatan film tersebut maka semakin baik pula kualitas filmnya sendiri.

Saya ambil contoh dari pembuatan film kartun Shaun The Sheep, film tersebut bertemakan pertenakan dan makai objek nyata sebagai karakter dalam filmnya. Ini tentu saja membutuhkan waktu dan ketelitian dalam membuat film tersebut. Sehingga penggunaan aplikasi grafik komputer memang sewajarnya merupakan jantung dari film tersebut.



Pemetaan

Kenal dengan Google maps? Ya itu dia salah satu contoh penggunaan aplikasi grafik komputer. 

“Pemetaan adalah proses pengukuran, perhitungan dan penggambaran permukaan bumi (terminologi geodesi) dengan menggunakan cara dan atau metode tertentu sehingga didapatkan hasil berupa softcopy maupun hardcopy peta yang berbentuk vektor maupun raster.” @WikiPedia

Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa dalam proses pemetaan dibutuhkannya suatu penggambaran, baik itu dalam vektor maupun raster. Sehingga pemetaan sudah seharusnya menggunakan aplikasi grafik komputer.



Presentasi Grafik

Di sekolah – sekolah, gedung perkantoran baik swasta maupun negeri sudah biasa penggunaan aplikasi grafik komputer dalam mengadakan presentasi.
Contoh aplikasi yaitu keluaran microsoft® maupun Prezi™, dua aplikasi ini sama – sama berfungsi sebagai aplikasi presentasi dalam bentuk grafik.



pengolahan citra 

“Pengolahan citra adalah salah satu cabang dari ilmu informatika. Pengolahan citra berkutat pada usaha untuk melakukan transformasi suatu citra/gambar menjadi citra lain dengan menggunakan teknik tertentu.” @WikiPedia
Operasi yang dilakukan untuk mentransformasikan suatu citra menjadi citra lain dapat dikategorikan berdasarkan tujuan transformasi maupun cakupan operasi yang dilakukan terhadap citra.


Berdasarkan tujuan transformasi operasi pengolahan citra dikategorikan sebagai berikut :
    
  • Peningkatan Kualitas Citra (Image Enhancement)
Operasi peningkatan kualitas citra bertujuan untuk meningkatkan fitur tertentu pada citra.
    
  • Pemulihan Citra (Image Restoration)
  1. Operasi pemulihan citra bertujuan untuk mengembalikan kondisi citra pada kondisi yang diketahui sebelumnya akibat adanya pengganggu yang menyebabkan penurunan kualitas citra.
  2. Berdasarkan cakupan operasi yang dilakukan terhadap citra, Operasi pengolahan citra dikategorikan sebagai berikut :   
  3. Operasi titik, yaitu operasi yang dilakukan terhadap setiap piksel pada citra yang keluarannya hanya ditentukan oleh nilai piksel itu sendiri.   
  4. Operasi area, yaitu operasi yang dilakukan terhadap setiap piksel pada citra yang keluarannya dipengaruhi oleh piksel tersebut dan piksel lainnya dalam suatu daerah tertentu. Salah satu contoh dari operasi berbasis area adalah operasi ketetanggaan yang nilai keluaran dari operasi tersebut ditentukan oleh nilai piksel-piksel yang memiliki hubungan ketetanggaan dengan piksel yang sedang diolah.    
  5. Operasi global, yaitu operasi yang dilakukan tehadap setiap piksel pada citra yang keluarannya ditentukan oleh keseluruhan piksel yang membentuk citra.
  6. Contoh penerapan pengolahan citra ada di bidang fotographer maupun di bidang lainnya. Ambil contoh pada dunia pemotretan, sudah pasti tidak lepas dari yang namanya aplikasi grafik komputer seperti Adobe® Photoshop maupun software manupulasi gambar yang berbasis web sekalipun yang di gunakan untuk mempercantik maupun memperjelas hasil foto yang di ambil.
sumber :