Minggu, 10 November 2013

Tugas Bahasa Indonesia (proposal bazar)

andri pebrian (1011806)

MENGEMBANGKAN KREATIFITAS KEWIRAUSAHAAN
 DILINGKUNGAN KAMPUS


I.      PENDAHULUAN
Puji Syukur kita panjatkan Kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala, yang telah memberikan Rahmat dan HidayahNya sehingga kita semua masih dapat menikmati dunia yang penuh dengan keindahan dan ilmu pengetahuan. Shalawat serta salam juga tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW, yang memberikan kesempatan untuk kita mempelajari ilmu pengetahuan dan mengikuti perkembangan zaman, semoga kita mendapatkan syafaat dari beliau dihari perhitungan nanti, Aamiin.
II.    TUJUAN KEGIATAN
Adapun tujuan diadakan bazar yakni sebagai berikut :
1.       Memberikan bekal kepada mahasiswa dalam memperoleh usaha didunia bisnis.
2.       Mensosialisasikan para mahasiswa untuk tidak malu bekerja dalam dunia bisnis dan dagang.
3.       Menjadikan mahasiswa tangguh dan cermat untuk berinteraksi dengan oranglain.
4.       Menghasilkan mahasiswa/i yang kreatif dan inovatif.
5.       Memberikan motivasi kepada mahasiswa/i agar mampu membuka usaha sendiri atau membuka lapangan kerja.
6.       Memberikan kemampuan untuk bekerjasama dengan perusahaan.
7.       Memberikan pengalaman berwirausaha untuk mahasiswa/i.
8.       Memberikan hiburan kepada mahasiswa

III.  NAMA KEGIATAN
Kegiatan tersebut dinamakan BAZAR “Jajanan Tradisional, photography and music ”.

IV. TEMA KEGIATAN
Melalui bazar kita tingkatkan jiwa kewirausahaan mahasiswa/i  yang kreatif dan inovatif agar mampu menghadapi persaingan dunia kerja di era globalisasi.
V.   BENTUK KEGIATAN
Bentuk kegiatan adalah peserta Bazar akan membuka stand di Gedung D selama 3 hari dan melakukan transaksi atau proses penjualan barang kepada mahasiswa/I dan akan diisi dengan acara pertunjukkan tari tradisional, pameran foto dan band



VI.    WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Tanggal                 :  8 s.d 10 November 2013
Pukul                     :  08.00 WIB s.d selesai
Tempat                 :  Kampus Univ.Gunadarma

VII.    SUSUNAN ACARA
Agenda acara Bazar, Pameran 2013 tersusun dalam tabel berikut:
B. 1 Hari Pertama
Hari/Tanggal : Jumat, 8 November 2013
Dimulai jam 08.00 – 15.55 WIB
No
Waktu
Kegiatan
Pukul
Durasi
1
08.00 – 08.05
5 Menit
Pembukaan ( Doa )
2
08.05-08.25
20 Menit
Sambutan Ketua Bazar
3
08.25-08.45
20 Menit
Sambutan Tim Pelaksana
4
09.05-09.25
20 Menit
Sambutan dekan kampus
5
09.45-10.05
20 Menit
Sambutan Ketua HIMSI
6
10.05-10.35
30 Menit
Pembukaan semua aktivitas kegiatan Bazar, Pameran foto dan acara musik
9
10.35-13.05
2 jam
kegiatan bazar – terdiri dari jajanan khas tradisional
10
Dilaksanakan bersamaan dengan acara yang lain

Tari tradisional dan pameran foto
13
13.05-13.25
20 Menit
Istirahat
18
13.25-15.55
2 jam
Selingan bazar dengan permainan musik dari sejumlah band

B. 2 Hari Kedua
Hari/Tanggal : Sabtu, 9 November 2013
Dimulai 08.00 – 1 WIB
No
Waktu
Kegiatan
Pukul
Durasi
1
08.00-08.05
5 Menit
Doa Pembukaan
2
08.05-08.15
10 Menit
Sambutan Ketua Bazar, Pameran.
3
08.15-08.35
20 Menit
Pembukaan semua aktivitas kegiatan Bazar, Pameran foto dan musik
9
08.35-12.05
4 jam
kegiatan bazar – jajanan khas tradisional
10
dilaksanakan dengan kegiatan lain
pameran foto
11
13.05-13.25
20 Menit
istirahat
12
13.25-16.05
3 jam
Pertunjukkan musik











B. 3 Hari Ketiga
Hari/Tanggal : Sabtu, 10 November 2013
Dimulai 08.00 – 1 WIB

No
Waktu
Kegiatan
Pukul
Durasi
1
08.00-08.05
5 Menit
Doa Pembukaan
2
08.05-08.15
10 Menit
Sambutan Ketua Bazar, Pameran.
3
08.15-08.35
20 Menit
Pembukaan semua aktivitas kegiatan Bazar, Pameran foto dan musik
9
08.35-12.05
4 jam
kegiatan bazar
10
dilaksanakan dengan kegiatan lain

pameran foto dan photostudio
11
13.05-13.25
20 Menit
istirahat
12
13.25-15.25
2 jam
Pertunjukkan musik
13
15.25-15.35
15 menit
Selingan Tarian tradisional
14
15.35-14.00
30 menit
Penutup






VIII.  RENCANA ANGGARAN
1.      Pemasukan
       a.       Dana dari Kampus                        : Rp  6.000.000,-
       b.      Sponsor                                         : Rp  6.000.000,-
       c.      Sumbangan dari mahasiswa          : Rp  1.000.000,- +
                    Jumlah Pemasukan                        : Rp 13.000.000,-

            2.      Rencana Pengeluaran
                  a.       Sewa tenda                                    : Rp  2.000.000,-
                  b.      Sewa lighting                                : Rp  1.500.000,-
                  c.       Banner Bazar                                : Rp  1.500.000,-
                  d.      Kesekertariatan                             : Rp     500.000,-
                  e.       Dekorasi                                       : Rp   2.500.000,-
                  f.       Konsumsi                                      : Rp   1.750.000,-
                  g.      Transport humas                           : Rp   1.500.000,-
                   h.      Dokumentasi                                : Rp   1.000.000,-  +
                     Jumlah Pengeluaran                    : Rp  12.250.000,-
                     Kekurangan Anggaran                :          -
                     Pemasukan                                      Rp  13.000.000,-
                     Pengeluaran                                    Rp  12.250.000,- -
                                                      Jumlah :         Rp      750.000,-







IX.      PENUTUP
Demikian proposal ini kami sampaikan, besar harapan kami dapat dijadikan pertimbangan bagi semua pihak yang kemudian berminat untuk ikut berpartispasi di dalam kegiatan yang positif ini. Tak lupa semoga Allah meridhoi dan memudahkan jalannya kegiatan ini serta menjadikannya sebagai nilai ibadah, atas segala partispasi dan bantuannya kami ucapkan terima kasih.
Semoga dalam pelaksanaan bazar ini memberi manfaat bagi mahasiswa/i dan menumbuhkan sikap kreatif, inovatif dan mampu membaca peluang dalam dunia wirausaha.
Depok,  04 november 2013


Hormat kami
Ketua Bazar                                                                                                     Wakil Rektor



(                               )                                                                                        (                            )

                   Mengetahui,
                                                        Rektor Gunadarma



                (                              )

Jumat, 18 Oktober 2013

tugas bahasa indonesia (kalimat efektif)

Nama : Andri Pebrian
NPM : 10111806
Kelas : 3KA08

KALIMAT EFEKTIF

·         Pengertian Kalimat Efektif
Kalimat efektif adalah kalimat yang mengungkapkan pikiran atau gagasan yang disampaikan sehingga dapat dipahami dan dimengerti oleh orang lain.

·         Kalimat efektif syarat-syarat sebagai berikut :
1.      secara tepat mewakili pikiran pembicara atau penulisnya.
2.      mengemukakan pemahaman yang sama tepatnya antara pikiran pendengar atau pembaca dengan yang dipikirkan pembaca atau penulisnya.

·         Ciri-ciri kalimat efektif :

1.      Kesepadanan
Suatu kalimat efektif harus memenuhi unsur gramatikal yaitu subjek, predikat, objek dan keterangan. Di dalam kalimat efektif harus memiliki keseimbangan dalam pemakaian struktur bahasa.
Contoh:
Amara pergi ke sekolah, kemudian Amara pergi ke rumah temannya untuk belajar. (tidak efektif)
Amara pergi ke sekolah, kemudian kerumah temannya untuk belajar. (efektif)
2.      Kecermatan dalam Pemilihan dan Penggunaan Kata

Dalam membuat kalimat efektif jangan sampai menjadi kalimat yang ambigu (menimbulkan tafsiran ganda)
Contoh:
Mahasiswi perguruan tinggi yang terkenal itu mendapatkan hadiah (tidak efektif)
Mahasiswi yang kuliah di perguruan tinggi yang terkenal itu mendapatkan hadiah. (efektif)

3.      Kehematan
Kehematan dalam kalimat efektif maksudnya adalah hemat dalam mempergunakan kata, frasa atau bentuk lain yang di anggap tidak perlu, tetapi tidak menyalahi kaidah tata bahasa.
Contoh:
Karena ia tidak diajak, dia tidak ikut belajar bersama belajar di rumahku. (tidak efektif)
Karena tidak diajak, dia tidak ikut belajar bersama di rumahku. (efektif)

4.      Kelogisan
Bahwa ide kalimat itu dapat dengan mudah dipahami dan penulisannya sesuai dengan ejaan yang berlaku.
Contoh:
Untuk mempersingkat waktu, kami teruskan acara ini. (tidak efektif)
Untuk menghemat waktu, kami teruskan acara ini. (efektif)

5.      Kesatuan atau Kepaduan
Maksudnya adalah kepaduan pernyataan dalam kalimat itu, sehingga informasi yang disampaikannya tidak terpecah-pecah.
Contoh:
Kita harus dapat mengembalikan kepada kepribadian kita orang-orang kota yang telah terlanjur meninggalkan rasa kemanusiaan itu. (tidak efektif)
Kita harus mengembalikan kepribadian orang-orang kota yang sudah meninggalkan rasa kemanusiaan. (efektif)

6.      Keparalelan atau Kesejajaran
Adalah kesamaan bentuk kata atau imbuhan yang digunakan dalam kalimat itu.
Contoh:
Kakak menolong anak itu dengan dipapahnya ke pinggir jalan. (tidak efektif)
Kakak menolong anak itu dengan memapahnya ke pinggir jalan. (efektif)
Harga sembako dibekukan atau kenaikan secara luwes. (tidak efektif)
Harga sembako dibekukan atau dinaikkan secara luwes. (efektif)

sumber :
http://dim24.wordpress.com/2010/11/07/pengertian-dan-syarat-kalimat-efektif/
http://dayintapinasthika.wordpress.com/2013/01/02/contoh-kalimat-efektif-dan-kalimat-tidak-efektif/